EKSTRAKULIKULER

Ekstrakulikuler merupakan kegiatan yang dilakukan di luar kelas dan di luar jam pelajaran untuk menumbuh kembangkan potensi sumber daya manusia yang dimiliki peserta didik. Kegiatan ekstrakulikuler yang ada bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, minat dan bakat setiap peserta didik. Berikut ini kegiatan Ektrakulikuler yang ada di Talenta Center Bekasi :

Ekstrakulikuler Renang

Berenang merupakan olah raga yang banyak digemari dan menyenangkan. Tidak hanya menyenangan tetapi memiliki manfaat yang baik terutama bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Selain untuk mencegah terjadinya tenggelam, ada berbagai manfaat yang bisa didapat dari anak dengan special need. Gerakan tangan dan kaki yang berulang saat beraktivitas di air dapat memberikan ketenangan terhadap anak dan membantu mengatasi frustasi atau perasaan marah yang dialami anak. Berenang juga dapat meningkatkan kemampuan koordinasi gerakan tubuh dan memperkuat fisiknya. Pada dasarnaya anak dengan special need memiliki gangguan dalam proses rangsangan sensori, seperti sensitif terhadap suara, cahaya, ataupun sentuhan, dan dengan berenang dapat membantu mengatasi masalah sensori tersebut.

Ekstrakulikuler Musik

Musik merupakan salah satu media yang baik dalam melakukan komunikasi dan melatih gerak motorik terutama bagi anak dengan special need. Pada anak berkebutuhan khusus, musik tidak hanya melatih mereka berbicara dan berkomunikasi, tetapi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Menurut Sri Muji Rakhmati, M.Psi, ada tiga jenis kegiatan musik yang bermanfaat bagi anak dengan special need, yaitu mendengarkan nada (instrumental) yang akan merangsang syaraf tertentu pada otak yang membuat anak lebih tenang, bernyanyi dapat membantu anak untuk memperbaiki artikulasi suara, dan bermain alat musik akan melatih syaraf sensorik.

Ekstrakulikuler Memasak

            Kegiatan memasak khususnya untuk anak dengan special need dapat menjadi terapi, seperti menyiapkan dan membersihkna bahan makanan, memotong, mengupas, dan menggoreng. Aktifitas tersebut selain dapat melatih gerak motorik halusnya namun juga dapat melatih kontrol emosi atau kesabaran anak karena membuat suatu hidangan atau makanan memerlukan beberapa tahap dan proses yang dilakukan. Tujuan dari kegiatan memasak tidak hanya untuk membuat masakan khusus untuk mereka tetapi juga membantu anak dengan special need, maksudnya dengan mengikuti ekstrakulikuler ini, anak dapat mengembangkan kemampuan memasaknya untuk berwirausaha dan menjual hasilnya.

Ekstrakulikuler Mewarnai

Aktivitas mewarnai bermanfaat untuk mengembangkan bakat dan ketertarikan anak terhadap media seni visual dan melatih kemampuan motorik halus. Yang perlu diperhatikan dalam  kegiatan mewarnai untuk anak dengan special need adalah pemilihan objek gambar yang tidak membuat anak bosan dan jenuh. Dengan pemilihan gambar yang tepat, maka akan menarik perhatian anak dan memudahkan anak untuk mengenal benda atau objek sederhana yang ada di sekitarnya, seperti gambar buah, hewan, meja, pohon, baju, dan sebagainya. Selain mengenalkan terhadap objek gambar, anak juga di kenali tentang warna yang tepat terhadap gambar yang akan diwarnai, seperti apel berwarna merah, ruput berwarna hijau, meja berwarna coklat, dan seterusnya

Ekstrakulikuler Tahfidz

Program tahfidz merupakan kegiatan pembelajaran yang terarah dan berjenjang untuk membantu anak mencapai kemampuan membaca dan menghafal Al-Quran dengan baik. Tahfidz berperan penting dalam menstabilkan emosi anak berkebutuhan khusus sehingga lebih mudah diarahkan, ketika emosi anak stabil maka pelajaran yang lain akan lebih mudah diajarkan. Metode yang digunakan adalah metode MASTER (Menghafal Al Quran Semudah Tersenyum) yang dikembangkan atau dicetuskan oleh ustadz Bobby Herwibowo sejak tahun 2011. Metode MASTER menggunakan gerakan beberapa anggota tubuh ketika menghafal. Gerakan anggota tubuh tersebut merupakan bentuk visualisasi atau gambaran dari arti kosa kata ayat yang dihafalkan. Sehingga dengan metode ini, anak tidsk hanya hafal arabnya saja, namun juga hafal arti atau makna dari ayat yang dihafalkannya.

Ekstrakulikuler Tahsin

Tahsin dalam kata arab yang berarti memperbaiki, meningkatkan atau memperkaya. Tahsin dalam islam mengandung makna agar dalam membaca al quran harus benar dan tepat sesuai dengan contoh, atau dengan kata lain kesempurnaan pengucapan huruf huruf al quran. Bagi anak berkebutuhan khusus mempelajari tahsin dapat melatih artikulasi anak dalam berkata atau berbicara dengan mempelajari atau memahami huruf huruf hijaiyah menggunakan iqra.