Manajemen Perkantoran

Pada era digital ini, digitalisasi merupakan bagian dari kehidupan modern. Perkantoran merupakan ranah yang memerlukan berbagai manajemen dan hal-hal terkait administrasi. Komputerisasi merupakan salah satu kompetensi yang menjadi hal umum di pembelajaran terkait perkantoran. Mahasiswa diharapkan mampu menguasai Microsoft Office, internet, media sosial, serta melakukan pekerjaan-pekerjaan lain yang berhubungan dengan kegiatan perkantoran. Mempelajari tentang komputer dan diharapkan membuat mahasiswa memahami dasar-dasar penggunaan komputer sebagai alat bantu untuk mempermudah kegiatan hidup sehari-hari.

Berrbagai contoh konten perkuliahan :

  1. Perkenalan Email.
  2. Membuat CV dan mengirimkan ke email.
  3. Snipping / Cropping -> Input ke word, excel, PPT. Mengetahui posisi, ukuran, potrait, landscape kertas.
  4. Editing menggunakan software digital sederhana (paint, powerpoint, dll.)
  5. Mengenalkan dokumen.
  6. Mengetahui Layer dan Transparansi di PPT.
  7. Mempelajari Short Key (Ctrl+C, Shift, dll).
  8. Mengetahui istilah populer dan perangkat di komputer.
  9. Mengenal Media Sosial
  10. Memahami struktur dan tanggung jawab perkantoran.
  11. Belajar menginput data, sensus, dan mengecek data.
  12. Belajar memeriksa stock barang.
  13. Mengolah data hasil input.
  14. Menyajikan Grafik Excel. 
  15. Manajemen data memakai fungsi filter excel.

===================================================================

Etika Perkantoran & Komputerisasi

  • Mengetahui Etika Perkantoran di Dunia Nyata (Real World).
    -Tidak boleh berperilaku menganggu di dunia nyata (Tidak boleh sembarangan menyentuh laptop/gadget orang lain, Tidak boleh mengacak-acak file arsip, dan kegiatan mengganggu lainnya)
  • Mengetahui Etika Perkantoran di Dunia Maya (Internet).
    – Tidak boleh berperilaku mengganggu di dunia maya / media sosial. (Tidak boleh spam, mengirim foto terus menerus, dll)
  • Mengetahui durasi penggunaan komputer dan gadget
    – Tidak boleh berlama-lama menggunakan gadget.
  • Mengetahui Perawatan Alat-alat Kantor
    – Tidak boleh merusak laptop/gadget dan alat kantor.

Pengantar Korespondensi

– Mengetahui jenis-jenis file.
(PDF, JPG, PNG, doc, xls, txt, dll)

– Mengetahui cara pengambilan dokumen.
(Gambar, catatan, laporan, perekaman, dll)

– Mengetahui cara pengiriman dokumen.
(Via WA, email, google drive)

– Mengetahui ukuran dan layout dokumen.
(A4, potrait, landscape)

========================================================================

####

Tugas Komputerisasi
(Pembagian berdasarkan motorik) :

==================

Motorik bagus + Suka mouse.

– Mendesain sederhana
(Baik secara grafis, maupun mendesain rumus Excel sederhana untuk keuangan, administrasi, membuat layout, penggunaan emoticon, bold, dan lain-lain)
– Publikasi ke media sosial.
– Membuat Program (sekuens program) jika memang sangat paham tentang komputer.
– Menggunakan software-software editing selain sofware basic.
(Sweet Home 3D,  Macromedia Flash, Google Sketchup dan lain-lain)

Catatan:
Di kriteria paling atas ini, mahasiswa sudah mampu mengerjakan hal-hal yang lebih mudah seperti yang dilakukan pada kriteria dibawah ini

==================================

Motorik bagus + Tidak suka mouse
Menandai/Marking pada tabel excel memakai warna, melakukan input data, mempelajari shortcut keyboard (copy-paste, kombinasi Shift, Ctrl, Alt, dan lain-lain) , Berkirim via email.

==================================

Motorik kurang bagus + Suka mouse

Mengcopy paste tulisan di internet, Menandai/Marking pada tabel excel memakai warna, melakukan input data,
menggunakan OCR, browsing-browsing di internet, mencari gambar/text sesuai perintah.

===================================

Motorik kurang bagus + Tidak suka mouse

Fokus ke Keyboard-based
Misal : Input data, Produksi musik pakai keyboard (Bila punya jiwa seni)
Typewritter di word (dari coret-coretan tulisan tangan di dunia nyata)

================================

3 Prinsip Produktivitas

. Benar

. Aktif

. Produktif

————————————————————————-

Tugas Perkantoran

– Pengarsipan (Mengarsipkan file)
– Mencetak kwitansi
– Korespondensi
– Manajemen operasional
– Memeriksa ketersediaan alat & bahan
– Menyiapkan dan menyajikan data.
– Membuat grafik.
– Membuat slide presentasi
– Mengetahui alat-alat kantor (scanner, laminating, dan lain-lain)

———————————————————————-